Istilah - Istilah Dalam Jaringan Komputer

Hari ini dapat kisi-kisi untuk mata kuliah Hardware dan Jaringan, salah satunya kisi-kisinya adalah istilah-istilah dalam jaringan Komputer.
Sambil buka-buka Modul  ( gak hanya buka tapi belajar juga gan… heuheuh.. :P ) 
Coba merangkai tiap istilah-istilah dalam jaringan computer dalam bahasa yang sederhana, berharap Semoga saja bermanfaat.
Dari pada ane ngasih preambule banyak-banyak ntar di bilang banyak bacot…!! Hehe…

Langsung simak saja gan… bahasa kerennya langsung ke TKP … 




1.  Access Point


Merupakan titik pusat komunikasi untuk semua station/klien yang ada di dalam jaringan wireless LAN. Sebuah access point dapat membentuk sebuah jaringan bersama untuk membuat sebuah jaringan yang lebih besar dan memungkinkan terjadinya roaming.

2.  Ad-hoc
Merupakan koneksi secara nirkabel antara satu computer dengan computer lain tanpa bantuan perangkat komunikasi lain seperti access point.

3.  Backbone

Merupakan tingkatan tertinggi dari jaringan hirarkis sebuah jaringan computer. Backbone ini menghubungkan titik-titik pada level dibawahnya dalam sebuah hirarki.

4.  Bandwith

Ukuran rentang frekwensi dan umumnya dihitung dalam besaran Hertz. Bandwith ini mengacu pada kapasitas sebuah saluran untuk menyalurkan informasi. Dalam penggunaan umum, istilah ini juga mengacu pada ratig data atau informasi antara berbagai perangkat atau media.

5.  Directional Antenna

Antenna yang mengkonsenterasikan tenaga transiminya pada satu arah yang berguna untuk meningkatkan jarak  jangkauan sinyal. Antenna directional termasuk Yagi, patch, dan parabolic dish.

6. Channel

Di bidang  komunikasi, chanel mengacu pada medium yang digunakan untuk menyalurkan informasi dari pengirim (transmitrer) ke penerima (reciver).

7.  DMZ (Demilitarized zone)

Di bidang computer, demilitarized zone merupakan istilah yang menggambarkan area pada jaringan yang berada di antara jaringan internal sebuah perusahaan dan jaringan eksternal di luar perusahaan yang umumnya DMZ ini digunakan pada system keamanan jaringan yang membatasi koneksi antara jaringan di dalam perusahaan dan di luar perusahaan. Umumnya digunakan untuk menghubungkan server yang dapat diakses dari luar seperti e-mail dan DNS Server.

8.  Dos (Denial of service)
Mrerupakan istilah yang digunakan untuk usaha/percobaan yang dibuat agar sumber daya computer atau jaringan menjadi tidak berfungsi terhadap penggunannya. Umumnya target Dos ini adalah sebuha perangkat computer yang penting seperti Web Server yang menyebabkan layanan web tersebut gagal bekerja pada jaringan internet. Bentuk Dos ini umumnya ada dua. Pertama, memaksa komputer korban untuk melakukan reset atau menggunakan seluruh sumber dayanya menghalangi media komunikasi antara pengguna dan korban sehingga keduannya tidak dapat lagi berkomunikasi dengan lancar.

9.  Gateway

Merupakan perangkat yang berfungsi sebagai perangkat mediasi antara dua jaringan dengan tipe yang berbeda. Dalam kasus jaringan nirkabel, router Wi-Fi merupakan sebuah gateway

10.  Hotspot

Merupakan tempat yang menawarkan akses jaringan wireless LAN. Pada jangkauan hotspot, pengguna PDA, notebook, dan perangkat lain yang memiliki perangkat W-LAN adapter dapat terkoneksi dengan jaringan internet menggunakan hotspot yang yang ada

11.  Infrastrukture

Merupakan mode dalam jaringan W-LAN yang memanfaatkan access point sebagai media untuk menjalankan lalu lintas jaringan.
12.  ISP (Internet Service Provider)

Merupakan perusahaan penyedia jasa layanan akses internet ISP dapat menggunakan modal Dial up, kabel, ataupun DSL untuk melayani para pelanggannya.

13.  MAC Address (Media Access Control Address)

Merupakan nomor identifikasi yang bersifat unik yang dimiliki oleh setiap perangkat nirkabel. MAC Address ini memiliki ketentuan dan standarisasi yang diberikan oleh IEEE. MAC address berhubungan dengan ISO network model pada layer 2 yaitu data link layer. Nomor identifikasi ini digunakan untuk medium sharing, format paket dan pengalamatan, serta deteksi kesalahan.

14.  Mimo (Multiple input Multiple Output)


Merupakan model abstrak yang bersifat metematis untuk system komunikasi yang menggunakan lebih dari satu antenna. Teknim MIMO ini mulai diadaptasi pada komunikasi nirkabel karena kemampuannya untuk meningkatkan throughput, rentang jarak jangkau yang lebih luas, dan mengirangi bit eror secara signifikan dengan menggunakan bandwoth dan powe transmisi yang sama. MIMO ini meningkatkan efisiensi dari system komunikasi nirkabel.

15.  OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing)

Teknik modulasi yang digunakan untuk menyediakan data rate yang tinggi untuk perangkat nrikabel berprotokol 802.11a dan 802.11g.

16.  Omnidirectional antenna

Antenna yang dapat mengirimkan sinyal ke semua arah atau 360 derajat. Sebuah antenna omni dapat mengambil sinya dari semua arah. Umumnya, antenna seperti ini digunakan ketika tidak diketahui dengan jelas arah sinyal yang ingin ditangkap. Antenna ini misalnya digunakan pada aplikasi mobile atau dipakai pada perangkat wireless LAN baik tipe indoor maupun out dor

17.  Protokol

Format standar yang telah disetujui untuk digunakan dalam mentransmisikand ata di antara dua perangkat. Pada jaringan nirkabel, protokol meliputi kesepakatan untuk transmisi data dan keamanannya yang diatur dalam protocol 802.11x

18.  Router

Perangkat yang menyediakan koneksi untuk jaringan rumah kedalam jaringan internet. WI-FI router merupakan perangkat pintar yang dapat dikonfigurasikan untuk membuat keputusan mengenai tipe akses yang dapat dibuat untuk koneksi ke jaringan internet dan tipe trafik data yang diijinkan melalui router untuk masuk ke dalam LAN

19.  SSID (Service Set Indentifier)

Merupakan perangkat identifikasi yang unik dengan maksimum 32 karakter yang digunakan untuk membedakan satu jaringan W-LAN dengan jaringan W-LAN yang lain. Perangkat nirkabel yang mencoba masuk ke dalam sebuah jaringan W-LAN harus mengkonfigurasi SSID yang sama agar dapat masuk.

20.  Throughput

Merupakan ukuran volume data yang dapat di transmisikan per detiknnya melalui sistem komunikasi yang telah diberikan. Ukuran yang dipakai umumnya adalah kilobit persecond atau Megabit per second.

21.  WEP (Wired Equivalent Prifacy)

Merupakan protocol keamanan pada jaringan nirkabel yang mengenkrisi data. WEP ini mengguakan kunci yang bisa dibagi pakai dan memungkinkan dilakukannya enkripsi dan dekripsi data pada saat dikirim dan diterima. Sebenarnya WEP dibuat untuk dipakan pada lingkungan jaringan berprotokol 802.11b

22.  WI-Fi

Wireless Fidelity, merupakan merek yang dilisensi oleh wi-fi alliance untuk menggambarkan teknologi dasar dari wireless local area network (W-LAN) yang berbasis spesifikasi protocol IEEE 802.11.  Standar   ini dibangun untuk digunakan pada perangkat computer yang bersifat mobile seperti laptop, PDA didalam LAN. Namun sekarang ini penggunaannya jauh lebih luas termasuk internet dan VoIP phone, game, dan koneksi dasar dari perangkat elektronik seperti televisi, pemutar DVD, atau kamera digital.

23.  W-LAN adapter

Merupakan perangkat kusus yang digunakan oleh klien untuk dapat mengakses jaringan internet. Fungsinya sama seperti LAN adapter pada kartu jaringan. Dewasa ini, W-LAN adapter dapat berupa akrtu internal basis PCI maupun eksternal yang berbasis USB atau perangkat tambahan lain yang bersifat mobile. Setiap perangkat W-LAN adapter ini dilengkapi dengan MAC address yang unik disertai dengan software utility untuk koneksi dengan oerangkat wirelwss lain dengan mode peer to peer atau dengan access point.

24.  WPA (Wireless Protected Access

Merupakan protocol keamanan jaringan wireless yang mengenkripsi data dan kunci yang diacak yang dikirim melalui jaringan wireless-LAN. WPA juga menuntut adanya otentifikasi pengguna selain juga menyediakan keamanan yang lebih baik dibandingkan WEP yang tidak mensyaratkan otentifikasi pengguna.

1 comments:

yoseph lende said...

infonya sangat bermanfaat, makasih gan
kunjungi http://thetypingmonkey.com

Post a Comment

Followers